Universitas Muhammadiyah Malang Sambangi Puslit Telimek LIPI

Bandung – Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI. Kunjungan ilmiah ini merupakan kunjungan ke sekian kali dari Universitas Muhammadiyah Malang, hampir setiap tahun dengan angkatan yang berbeda Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang mengunjungi Puslit Telimek dalam rangka kunjungan ilmiah. Kunjungan ilmiah diterima oleh tim PDHP Puslit Telimek pada hari Selasa, 16 Januari 2018 pukul 13.15 WIB di ruang seminar Kampus LIPI Bandung, Gd. 10 Lt. 3. Turut hadir dalam kunjungan ilmiah ini beberapa pejabat di lingkungan P2 Telimek LIPI yaitu Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama P2 Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Budhi Subakti, A.Md.

Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama P2 Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT. mewakili Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI memberikan sambutan serta presentasi mengenai profil Puslit Telimek LIPI. Dalam kesempatan ini Nur sampaikan permohonan maaf dari Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek tidak bisa ikut menghadiri kunjungan ilmiah ini dan tidak lupa Nur sampaikan ucapan selamat datang di Puslit Telimek LIPI. Nur sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan kunjungan. Dalam kesempatan ini Nur menyampaikan presentasi mengenai profil Puslit Telimek. Nur sampaikan bahwa Puslit Telimek berada di bawah koordinasi LIPI di Jakarta, Puslit Telimek memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai pusat penelitian mekatronik dan tenaga listrik. Nur sampaikan juga sejarah berdirinya Puslit Telimek dimulai dari dibentuknya Lembaga Elektronika Nasisonal (LEN) hingga terbentuk Puslit Telimek pada tahun 1990.

Perwakilan dosen pendamping Universitas Muhammadiyah Malang, Bapak Khusnul menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan Puslit Telimek. Khusnul berpesan kepada seluruh mahasiswa/i agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait teknologi mengenai mekatronik serta ketenagalistrikan. Mahasiswa yang mengikuti kunjungan ilmiah ini merupakan mahasiswa yang sedang menempuh semester 6, sehingga diharapkan dari kegiatan kunjungan ini mahasiswa/i mempunyai gambaran serta rencana untuk magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di mana.

Pemaparan hasil penelitan Puslit Telimek diantaranya mengenai pengembangan listrik pintar atau Smart Micro Grid (SMG), Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Bahan Baku Biogas untuk Pembangkit Listrik, serta  Perkembangan Teknologi Robot untuk Pertahanan dan Keamanan. Presentasi pertama mengenai Teknologi Smart Micro Grid (SMG) yang disampaikan oleh Ant. Ardath Kristi, A.Md., Litkayasa Pelaksana Lanjutan Puslit Telimek. Smart Micro Grid merupakan intelligent inverter, yaitu suatu proses konversi sumber energi yang memiliki arus DC yang berasal dari Pembangkit listrik tenaga surya, air, angin, biogas. Listrik searah yang disimpan tersebut dapat dipergunakan menjadi sumber energi listrik arus bolak balik/AC dengan menggunakan intelligent inverter. Aplikasi SMG pada dasarnya merupakan aplikasi Energy Management System (EMS) dengan menggabungkan berbagai sumber energi listrik.

Presentasi kedua mengenai bio elektrik. Bio elektrik disini merupakan pemanfaatan Biogas untuk Pembangkit Listrik, oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama P2 Telimek LIPI. Arief sampaikan pentingnya hemat energi. Saat ini dunia bergantung pada energi minyak bumi, manusia sangat bergantung terhadap sumber energi ini. Arief sampaikan dengan besarnya penggunaan energi fosil selain dapat mengakibatkan terjadinya krisis energi, akan memperburuk juga kondisi alam dengan meningkatnya polusi yang diakibatkan dari penggunaan minyak bumi. Arief mengatakan bahwa untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi perlu dibarengi dengan penggunaan sumber energi lain yang terbarukan contohnya energi biomassa. Contoh pemanfaatan energi biomassa adalah memanfaatkan limbah dari bahan organik sebagai bahan baku energi yang lebih dikenal dengan biogas. Saat ini sumber limbah organik yang paling banyak dipergunakan adalah kotoran hewan, namun pada dasarnya bahan apapaun selama masih bersifat hayati, pasti bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi biogas. Pemanfaatan biogas pada umumnya hanya untuk bahan bakar rumah tangga saja, padahal biogas sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar dan dikonversi menjadi pembangkit listrik. Puslit Telimek LIPI telah berhasil memanfaatkan biogas menjadi bahan bakar untuk generator sehingga bisa menghasilkan energi listrik.

Presentasi ketiga mengenai Robot untuk Pertahanan dan Keamanan oleh Mustari Tisna Amidjaya, A.Md., Pranata Humas Penyelia Lanjutan Puslit Telimek LIPI. Mustari menyampaikan bahwa salahsatu hasil penelitian Puslit Telimek LIPI adalah Mobile Robot LIPI atau lebih dikenal sebagai MoroLIPI. MoroLIPI merupakan robot penjinak bom hasil karya anak bangsa, dengan kemampuan tidak kalah dengan robot lain buatan luar negeri. MoroLIPI saat ini telah memasuki generasi ke-2, setelah sebelumnya memiliki versi autonomous atau versi 0, lalu berkembang menjadi versi 1, dan kini telah menjadi versi 2. Nur menambahkan bahwa kemampuan dari MoroLIPI ini salah satunya yang dibanggakan adalah mampu menaiki anak tangga dengan kemiringan 450 serta memiliki dimensi yang lebih kompak. MoroLIPI versi 2 ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Kunjungan lapangan untuk Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang dilaksanakan hanya ke Laboratorium Elektronika daya dan mesin listrik, ke workshop Smart Microgrid, dan ke  Laboratorium Mobil Listrik. (rif/php)