Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali sambangi Puslit Telimek LIPI

Bandung. Penghujung bulan April, tepatnya Rabu 25 April 2018 mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang sambangi Puslit Telimek LIPI. Pertemuan ilmiah ini diterima secara resmi oleh Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) Puslit Telimek LIPI pada pukul 09.05 WIB di Ruang Seminar Gedung 10 Lantai 3 Kampus LIPI Bandung.

Jadwal kunjungan ilmiah sebelumnya direncanakan pukul 08.00 WIB, karena sesuatu hal sehingga terjadi keterlambatan dan acara baru dapat dimulai pukul 09.10 WIB. Keterlambatan tersebut mengakibatkan susunan acara berubah karena alokasi waktu yang tidak memadai. Penyampaian sambutan digabung dengan penyampaian profil Puslit Telimek oleh Nur Rohmah, MT., Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI. Nur menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan UIN Maulana Malik Ibrahim menjadikan Puslit Telimek sebagai acuan kunjungan lapangan bagi para mahasiswa dan mahasiswinya. Nur menyampaikan profil LIPI melalui tayangan audio visual serta sekilas mengenai profil Puslit Telimek melalui paparan presentasi. Dalam kesempatan ini Nur sampaikan bahwa salahsatu layanan yang dimiliki oleh Puslit Telimek yaitu bimbingan tugas akhir dengan kajian yang sama dengan penelitian di Puslit Telimek. Perwakilan dosen pendamping UIN Maulana Malik Ibrahim, Abdul Basith menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang diberikan. Basith sampaikan bahwa saat ini para mahasiswa yang mengikuti kunjungan ilmiah terdiri dari dua angkatan, karena pada tahun sebelumnya, (2017.red) UIN Maulana Malik Ibrahim tidak bisa melaksanakan kunjungan ilmiah ke Puslit Telimek LIPI, sehingga sekarang dua angkatan bersama sama melaksanakan kunjungan ilmiah ke Puslit Telimek LIPI.

Alokasi waktu yang terbatas karena keterlambatan kedatangan sehingga dalam kesempatan kunjungan ilmiah ini hanya dua hasil penelitian yang disampaikan diantaranya yaitu mengenai Smart Micro Grid (SMG) serta mengenai Biogas energi alternatif pembangkit Listrik. Sesi terakhir dari kunjungan ilmiah ini adalah kunjungan lapangan dengan mengunjungi workshop dan laboratorium yang ada di Puslit Telimek diantaranya Workshop Mobil Listrik, Workshop Permesinan, Workshop Smart Micro Grid serta Laboratorium Motor Bakar. (rif/php)