Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Kunjungi Puslit Telimek LIPI

Bandung – Pada penghujung bulan April 2016, merupakan kali pertama bagi Mahasiswa dari Jurusan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim – Malang berkunjung ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI. Kunjungan ilmiah UIN Maulana Malik Ibrahim – Malang yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 29 April 2016 ini diterima secara resmi oleh Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) Puslit Telimek LIPI di Ruang Seminar Kampus LIPI Bandung, Gd. 10 Lt. 3.

 

Kunjungan ilmiah dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB yang terlebih dahulu diawali dengan sambutan dari Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Ir. Tri Admono, MT. Pada sambutannya Tri menyampaikan ucapan selamat datang serta permohonan maaf dari Kepala Puslit Telimek yang tidak bisa menghadiri kunjungan ilmiah ini. Dalam kesempatan ini Tri menyampaikan bahwa Kuliah lapangan mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim – Malang biasanya mengunjungi Puslit Fisika, namun untuk saat ini dilaksanakan ke Puslit Telimek sehingga Tri menyampaikan permohonan maaf apabila dalam kunjungan ini terdapat kekurangan, terutama mengenai keterkaitan dengan peminatan jurusan mahasiswa. Selain itu Tri menyampaikan informasi mengenai Puslit Telimek, tugas pokok yang yang diemban serta layanan yang dimiliki Puslit Telimek untuk melayani publik. Pelayanan publik yang dimiliki Puslit Telimek diantarnya yaitu Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan pembimbingan skripsi atau thesis bagi para mahasiswa-mahasiswi.

 

Sambutan dari UIN Maulana Malik Ibrahim – Malang diwakili oleh Bapak Abdul Basit yang menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Puslit Telimek. Abdul juga mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan di hari-hari mendatang, karena LIPI khususnya Puslit Telimek bagi UIN merupakan mitra dalam penyebarluasan ilmu dan pengetahuan bagi para mahasiswa, khususnya aplikasi ilmu yang diperoleh di bangku kuliah agar dapat menjadi karya nyata berupa hasil penelitian.

 

Para mahasiswa-mahasiswi pada kunjungan ilmiah kali ini diberikan pemaparan mengenai hasil penelitian Puslit Telimek diantaranya yaitu mengenai biogas pembangkit listrik, robot untuk pertahanan dan keamanan, serta generator magnet permanen. Pemaparan profil Puslit Telimek tersebut disampaikan oleh Mustari Tisna A, A.Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI. Sedangkan hasil penelitian pemanfaatan limbah organik sebagai bahan baku biogas untuk pembangkit listrik dipaparkan oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek LIPI. Arief menyampaikan pentingnya hemat energi karena ketergantungan manusia terhadap minyak bumi dapat mengakibatkan semakin cepatnya terjadi krisis energi, khususnya minyak bumi. Pemaparan kedua mengenai Generator Magnet Permanen disampaikan oleh Ant. Ardath Kristi, A.Md., Litkayasa Pelaksana Lanjutan Puslit Telimek LIPI. Ardath menyampaikan inti dari kegiatan penelitian mengenai generator magnet permanen yang dilakukan oleh Kelompok Penelitian Elektronika Daya dan Mesin Listrik (Elda) Puslit Telimek. Selain itu Ardath juga memaparkan tugas pokok dari Kelompok Penelitian Elda Puslit Telimek, salah satunya adalah melakukan penelitian mengenai generator pembangkit listrik serta mesin listrik untuk kendaraan listrik. Presentasi terakhir mengenai Robot untuk Pertahanan dan Keamanan oleh Mustari Tisna A, A.Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI. Bentuk Audio – Visual lebih banyak digunakan Mustari dengan harapan para peserta lebih tertarik untuk menyimak apa yang dimaksud dengan MoroLIPI. Selain sejarah, ditampilkan juga video mengenai demo kemampuan robot dan keunggulan robot.

 

Sesi terakhir dari kunjungan ilmiah ini adalah kunjungan lapangan ke workshop dan laboratorium yang ada di Puslit Telimek. Kunjungan lapangan UIN Maulana Malik Ibrahim РMalang ini diantaranya  mengunjungi Workshop dan Laboratorium Robotika, Workshop dan Laboratorium Biogas untuk Pembangkit Listrik, Workshop Sarana Permesinan, serta Workshop dan Laboratorium Mobil Listrik. (rif/php)