SMAK Tirtamarta BPK Penabur – Jakarta Kunjungi P2 Telimek LIPI

SMAK Tirtamarta BPK Penabur – Jakarta mengunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek) LIPI pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 . Kunjungan diterima secara resmi oleh tim PDHP P2 Telimek pada pukul 08.30 WIB di Ruang Seminar, Gd. 10 Lt. 3 Kampus LIPI Bandung. Kunjungan ilmiah ini merupakan kali pertama bagi SMAK Tirtamarta BPK Penabur Jakarta ke P2 Telimek.

Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama P2 Telimek, Nur Rohmah, MT., memberikan sambutan yang diawali dengan ucapan terima kasih atas kepercayaan SMAK Tirtamarta menjadikan P2 Telimek sebagai rujukan studi lapangan. Nur menambahkan dalam kunjungan ini tidak hanya penjelasan mengenai lembaga serta hasil penelitiannya, namun dilakukan juga plant tour atau kunjungan lapangan ke laboratorium dan workshop yang ada di P2 Telimek. Nur tidak hanya memberikan sambutan, namun disampaikan juga pemaparan mengenai LIPI dan P2 Telimek secara keseluruhan. Sambutan dari SMAK Tirtamarta disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah SMAK Tirtamarta, Ibu Kristiena Ekowati. Dalam sambutannya Kristiena ucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan P2 Telimek serta mengingatkan para siswa dan siswi untuk memanfaatkan kesempatan kunjungan ini dengan mengajukan pertanyaan untuk menambah khasanah pengetahuan di bidang ketanagalistrikan dan mekatronika.

Pemaparan hasil penelitian dilakukan oleh para pranata humas P2 Telimek diantaranya mengenai teknologi pembangkit listrik menggunakan energi biogas, serta teknologi robotik untuk memperkuat pertahanan dan keamanan. Kunjungan lapangan dilaksanakan ke workshop permesinan, kemudian ke laboratorium motor bakar dan terakhir ke workshop mobil listrik. (rif/php)