SMA Negeri Way 2 Serdang Lampung Bertandang ke Kampus LIPI Bandung

04 SMAN 2 Way Serdang Lampung (2)

Bandung Р Sebanyak 150 Siswa dan siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri Way 2 Lampung berkunjung ke Kampus LIPI Bandung. Kunjungan ini ditujukan kepada Badan Pengelola Kampus LIPI Bandung, khususnya ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI dan ke Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) LIPI. SMU Negeri Way 2 Lampung tidak hanya melaksanakan kunjungan ke LIPI saja, melainkan merupakan serangkaian kunjungan ke berbagai tempat dan instansi. Kunjungan diterima secara resmi oleh Badan Pengelola Kampus LIPI Bandung pada hari Rabu, 1 Februari 2017 pukul 14.25 WIB di Ruang Seminar Besar Kampus LIPI Bandung, Gedung 10 Lantai 3.

 

Turut hadir dalam kunjungan ilmiah ini perwakilan Badan Pengelola Kampus LIPI Bandung, Drs. Muhammad Rofi’i, MM., beberapa pejabat struktural, pejabat fungsional Pranata Humas, serta pejabat fungsional peneliti dari Puslit Telimek dan LPTB LIPI. Dalam kesempatan ini sambutan dan arahan diberikan oleh perwakilan Badan Pengelola Kampus LIPI Bandung, Drs. Muhammad Rofi’i, MM. Rofi’i menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir serta permohonan maaf apabila dalam kunjungan ini terdapat kekurangan dalam sambutannya. Rofi’i menyampaikan bahwa Pusat Penelitian yang hadir saat ini adalah Puslit Telimek dan LPTB LIPI. Rofi’i menyampaikan materi presentasi yang akan disampaikan diantaranya mengenai profil Puslit Telimek dan LPTB LIPI, serta beberapa hasil penelitian dari kedua satuan kerja tersebut. Dalam kesempatan ini Rofi’i menyampaikan sedikit gambaran mengenai LIPI, apa saja tugas pokok serta fungsi LIPI dalam pemerintahan. Rofi’i mengharapkan agar para siswa dapat memanfaatkan acara kunjungan ini dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai LIPI baik itu secara kelembagaan ataupun hasil penelitian agar pengetahuan siswa meningkat.

 

Dalam kesempatan kunjungan ilmiah ini, Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT., menyampaikan pemaparan mengenai profil Puslit Telimek. Sebelum presentasi mengenai profil Puslit Telimek, Nur memutarkan media audio-video mengenai profil LIPI secara keseluruhan. Dalam paparannya Nur menyampaikan apa dan siapa Puslit Telimek, apa saja tugas pokok dan fungsi Puslit Telimek LIPI. Nur juga menyampaikan fokus penelitian apa saja yang sekarang sedang dikerjakan oleh Puslit Telimek LIPI serta capaian dan hasil penelitian apa saja yang telah dihasilkan Puslit Telimek. Kepala Sub Seksi Pelayanan Teknis dan Kerjasama LPTB LIPI, Dr. Sri Priatni memberikan pemaparan mengenai profil LPTB LIPI. Sri menyampaikan sejarah terbentuknya LPTB LIPI, serta apa saja tugas pokok dan fungsi LPTB LIPI. Selain itu Sri juga menyinggung sedikit mengenai hasil penelitian apa saja yang telah di hasilkan LPTB LIPI.

 

Pemaparan hasil penelitian yang dimiliki Puslit Telimek LIPI dilaksanakan oleh para Pejabat Pranata Humas, diantaranya Pemaparan mengenai Pembangkit Listrik Biogas, yang disampaikan oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., serta Robot MoroLIPI yang disampaikan oleh Mustari Tisna Amidjaya, A.Md.,. Sedangkan pemaparan hasil penelitian dari LPTB LIPI yaitu pemaparan mengenai Produksi Biogas dari Industri Limbah Tahu di Desa Giriharja, Sumedang oleh Diana Rahayuningwulan, MT. Presentasi pertama mengenai Pembangkit Listrik Biogas, oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek LIPI. Arief menyampaikan peranan energi dalam kehidupan manusia dan betapa pentingnya penghematan energi khususnya energi fosil atau bahan bakar minyak. Dunia sangat bergantung pada bahan bakar minyak. Arief menambahkan tingginya penggunaan energi fosil dapat mempercepat terjadinya krisis energi serta kerusakan lingkungan, khususnya kualitas udara. Untuk mengurangi penggunaan energi fosil, dapat dimanfaatkan sumber energi lain misalnya energi biomassa. Contoh energi biomassa yang banyak dimanfaatkan yaitu limbah organik yang diolah menajadi energi, atau lebih dikenal dengan nama biogas. Selain untuk bahan bakar rumah tangga, saat ini biogas telah berhasil dimanfaatkan menjadi bahan bakar pembangkit listrik.

Presentasi terakhir mengenai MoroLIPI versi 2 oleh Mustari Tisna A, A.Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI. MoroLIPI versi 2 merupakan teknologi Robotik LIPI untuk Pertahanan dan Keamanan. MoroLIPI (Mobile Robot LIPI) merupakan robot penjinak bom hasil karya anak bangsa. Ciri robot ini yaitu memiliki penggerak utama berupa platform dengan roda dan rantai yang memiliki sepatu karet pada sisi luarnya. Roda ini menghubungkan roda depan dan belakang sehingga mampu menaiki tangga dengan mudah. Dalam presentasinya Mustari banyak mempergunakan bentuk Audio – Visual agar peserta dapat melihat apa dan bagaimana saja kemampuan robot.

 

Presentasi terakhir yaitu mengenai Produksi Biogas dari Industri Limbah Tahu di Desa Giriharja, Sumedang oleh Diana Rahayuningwulan, MT., sebagai peneliti pada Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) LIPI. Dalam presentasinya, Diana menyampaikan apa yang menjadi latar belakang kenapa dilakukan penelitian mengenai limbah tahu ini. Kabupaten Sumedang terkenal dengan sentra industri kuliner tahu Sumedang. Peningkatan jumlah produksi mengakibatkan tingginya jumlah limbah yang dihasilkan dari industri tahu ini. Limbah tahu memiliki tingkat keasaman tinggi, sehingga tidak layak apabila langsung dibuang ke aliran sungai. Apabila limbah ini diendapkan akan menghasilkan bau tidak sedap. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini, LPTB LIPI membangun instalasi biogas dari limbah tahu menjadi biogas. Biogas yang dihasilkan dimanfaatkan menjadi sumber energi untuk memasak. Diana juga menyampaikan pentingnya pengolahan limbah tahu ini karena selain menghilangkan bahaya, tetapi mendatangkan energi yang ramah lingkungan.

 

Rencana untuk mengunjungi labotatorium serta workshop di kedua satuan kerja tidak dapat terlaksana karena waktu yang telah menunjukan pukul 15.50 WIB sehingga pertemuan ilmiah diakhiri dengan pelepasan seluruh peserta. (rif/php)