ROM20, Si Robot Multiguna untuk Penanganan Covid-19

        

Bandung, Maret 2021. Sejak World Health Organization secara resmi mengumumkan pandemi COVID-19, LIPI telah mengalihkan fokus risetnya untuk penanganan pandemi. Salah satunya adalah Robot Otonom Multiguna 2020 atau ROM20, yang  merupakan alat sterilisasi yang dilengkapi dengan tiga buah subsistem multiguna yang bersifat modular, yaitu subsistem lampu UV-C, subsistem penyemprot disinfektan, dan subsistem panel penghangat makanan. 

Hendri Maja Saputra, peneliti dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI menjelaskan ROM20 dapat dikendalikan dengan menggunakan wireless remote dan modul bluetooth dari perangkat HP/gadget/smartphone dengan jarak kendali hingga 23 meter. ROM20 dilengkapi roda yang bisa bergerak ke banyak arah, serta berkemampuan menghindari rintangan dan mengikuti garis lajur. “ROM20 dapat digunakan di rumah sakit atau rumah karantina agar petugas medis tidak bersinggungan langsung dengan pasien dalam melayani pasien,’ ujarnya.

Selain itu, Hendri menuturkan fungsi subsistem UVC dan subsistem penyemprot merupakan upaya pencegahan penyebaran mikroorganisme (seperti bakteri, virus, spora, dan lain sebagainya). Sedangkan sebagai robot pengantar dan penghangat makanan, pada bagian subsistem dipasang rak meja kecil yang dilengkapi heater atau pemanas, pengendali suhu dan kelembaban. “Subsistem penghangat makanan mempunyai kemampuan menjaga suhu makanan agar tetap hangat dan bisa mengantarkannya kepada customer (pasien),” terangnya.

ROM20 didesain sebagai autonomous robot dengan membuat trajectory planning atau rute yang diinginkan. Alat ini memiliki 7 sensor ultrasonic yang berfungsi sebagai pengaman apabila ada penghalang ketika robot beroperasi. ROM20 dilengkapi 2 buah kamera yang diletakkan dibagian depan dan belakang. Robot ini bertenaga baterai DC 48 Volt dengan daya 430 Watt, dimana baterai dapat diisi ulang dengan cara plug and play, atau bisa juga diganti langsung jika ingin lebih cepat dioperasikan. “Robot ini ecogreen atau ramah lingkungan dan dapat beroperasi selama 4 jam pada kondisi baterai penuh,” jelasnya.

ROM20 sudah melalui uji coba sistem kelistrikan sesuai dengan standar IEC 60601 1:2014. Sebagai bentuk donasi dari LIPI, ROM20 telah digunakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung, dan Rumah Sakit Universitas Udayana Bali. (DS/ed : NU)