Puslit Telimek Sosialisasikan Pengisian LHKASN serta Pemaparan Program dan Roadmap Kelompok Penelitian

Bandung. Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI mengadakan acara Sosialisasi Pengisian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) secara online. Pelaporan harta kekayaan aparatur negara merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi dan merupakan salahsatu indikator penerapan zona integritas. LHKASN ini meliputi berbagai macam aset baik itu aset bergerak dan ataupun aset tidak bergerak yang sepenuhnya dimiliki oleh aparatur sipil negara. Harta yang dimaksud disini adalah termasuk kekayaan istri ataupun suami dan anak yang masih dalam tanggungan dari aparatur tersebut, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara.

Sosialisasi pengisian LHKASN secara online dilaksanakan Puslit Telimek di Gedung 10 Lantai 3 Kampus LIPI Bandung pada hari Selasa, tanggal 5 Desember 2017. Acara ini mengundang seluruh pegawai Puslit Telimek, dimulai dari para pejabat struktural, kepala kelompok penelitian, peneliti, dan pejabat fungsional lainnya. Selain acara pengisian LHKASN secara online, dilakukan juga pemaparan program dan roadmap kelompok penelitian yang ada di Puslit Telimek.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Puslit Telimek, Dr. Eng. Budi Prawara pada pukul 9.15 WIB. Dalam kesempatan ini Budi menyampaikan bahwa setiap aparatur negara tanpa terkecuali wajib mengisi Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) secara online. Budi mengharapkan agar setiap Aparatur Sipil Negara di Puslit Telimek LIPI dapat mengisi LHKASN secara cermat dan jujur. Selain itu, Budi menyampaikan bahwa saat ini telah ada usulan pembentukan Kelompok Penelitian (Keltian) baru di Puslit Telimek dan Keltian yang diusulkan tersebut akan memaparkan Program kerja serta Roadmapnya masing-masing.

Sosialisasi pengisian LHKASN disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian Puslit Telimek LIPI, Emil Kristanti, SE. Dalam kesempatan ini Emil menyampaikan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk Teknis pengisian LHKASN secara online. Nama aplikasi LHKASN ini adalah Si Harka dengan alamat akses https://siharka.menpan.go.id. Emil juga menyampaikan bahwa setiap pegawai telah memiliki kata sandi, dan bagi pegawai yang telah mengakses Si Harka diwajibkan untuk merubah kata sandi tersebut. Emil mengharapkan pegawai mengisi laporan LHKASN secara baik, benar dan tentunya secara jujur.

Selain sosialisasi pengisian LHKASN, dilakukan juga pemaparan program dan roadmap kelompok penelitian yang diusulkan di Puslit Telimek LIPI. Puslit Telimek LIPI saat ini memiliki usulan pembentukan 8 Keltian, diantaranya adalah sebagai berikut; usulan pembentukan Keltian Mekatronik dengan usulan Kepala Keltian Prof. Dr. Estiko Rijanto, usulan pembentukan Keltian Motor Bakar dengan usulan Kepala Keltian Dr. Widodo Budi Santoso, usulan pembentukan Keltian Kendaraan Listrik dengan usulan Kepala Keltian Ir. Abdul Hapid, usulan pembentukan Keltian Vibration Electric dengan usulan Kepala Keltian Dr. Edwar Yazid, usulan pembentukan Keltian Konversi dan Konservasi Energi dengan usulan Kepala Keltian Dian Andriani, M.Eng., usulan pembentukan Keltian Elektronika Daya dengan usulan Kepala Keltian Agus Risdiyanto, MT., usulan pembentukan Keltian Biometric for Man-Machine Interaction dengan usulan Kepala Keltian Dr. Kadek Heri Sanjaya, usulan pembentukan Keltian Otomasi Industri dengan usulan Kepala Keltian Hendri Maja Saputra, MT. (rif/php)