Keltian Biometric For Man-Machine Interaction




Kelompok Penelitian Biometric for Man-Machine Interaction adalah kelompok penelitian yang menerapkan metode pengukuran biometrik/biomekatronik berbasis akuisisi biosinyal serta pengukuran obyektif lainnya untuk mengembangkan sistem interaksi manusia dan peralatan yang dipakai serta lingkungan sekitarnya.

Mesin telah mendominasi kehidupan manusia sehari-hari baik di rumah tangga maupun ketika bekerja secara profesional. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pemakaian mesin dalam kehidupan manusia semakin meluas dan interaksi manusia mesin terjadi sepanjang waktu. Hal ini menyebabkan munculnya banyak pertanyaan tentang bagaimana sebaiknya interaksi manusia mesin yang tidak membahayakan kehidupan manusia. Pertanyaan ini semakin mengemuka manakala tidak adanya informasi yang dirancang khusus oleh para peneliti untuk manusia yang memakai peralatan agar bisa berinteraksi dengan mesin secara sehat yang mampu meningkatkan kualitas hidup manusia. Ketiadaan penelitian di bidang ini dalam pengembangan teknologi di LIPI merupakan salah satu penyebab terbesar rendahnya adopsi teknologi hasil penelitian oleh masyarakat umum, karena pada dasarnya teknologi yang dihasilkan tidak siap digunakan.

Prinsip-prinsip dasar teknologi sensor dan kontrol pada bidang mekatronik bisa diterapkan untuk mengukur kondisi fisik, fisiologis dan psikologis manusia ketika berinteraksi dengan mesin. Sinyal-sinyal yang direkam bisa berbentuk biosinyal elektrik ataupun gambar yang bisa diolah dengan image processing akan membuat analisis lebih obyektif dan bisa dikoneksikan dengan beragam sistem, termasuk kontrol adaptif yang otomatis dari mesin.



Kompetensi :

Kelompok penelitian ini mengedepankan pendekatan multidisplin dengan menggabungkan peneliti dengan latar belakang disiplin ilmu seperti biomekanika/fisiologi, fisika instrumentasi, teknik elektro, teknik mesin, dan desain produk industri, yang didedikasikan untuk pengembangan sistem interaksi manusia-mesin dalam pengembangan produk teknologi yang bisa dimanfaatkan masyarakat

 

Kegiatan Penelitian:

Tahun 2018 :

Kegiatan penelitian tahun 2018 adalah kegiatan penelitian mandiri tanpa pendanaan khusus dari P2 Telimek LIPI karena kelompok penelitian ini baru memulai kegiatannya.

  1. Pada tahun 2018 sedang diupayakan pengadaan alat laboratorium berupa driving simulator berbasis OpenDS dan Biopac MP 160 physiological data acquisition system menggunakan pendanaan Prioritas Nasional (PN) 2018.
  2. Penelitian mandiri: pengaruh pre-lunch dan post-lunch pada kelelahan mengemudi akibat rasa kantuk serta pengukuran efektivitas stimuli multi-indrawi (Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)).
  3. Penelitian mandiri: pemanfaatan instrumentation amplifier untuk peningkatan sensitivitas Rogowski Coil Probe (Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati).
  4. Penelitian mandiri: Pemanfaatan instrumentation amplifier untuk aplikasi elektromyografi (EMG) (Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati).
  5. Penelitian mandiri: desain goniometer berbasis Android untuk pengukuran sudut gerakan tubuh manusia.
  6. Penelitian yang mendukung kegiatan penelitian Battery Management System (BMS) untuk kendaraan listrik yang dilakukan oleh Keltian Kendaraan Listrik.

 

SDM Kelompok Penelitian Biometric For Man-Machine Interaction

  1. Kadek Heri Sanjaya, Ph.D
  2. Asep Nugroho, M. Eng.
  3. Latif Rozaqi, S.T.
  4. Yukhi Mustaqim Kusuma Sya’Bana, S.Ds

 

Publikasi Hasil Penelitian [Tahun 2018]

Kelompok Penelitian Biometric baru berjalan tahun 2018

Layanan Keltian Biometric for Man-Machine Interaction

  1. Bimbingan Kerja Praktek dan Tugas Akhir
  2. Pengujian dan pengembangan produk dan servis berbasis pengukuran biometrik (elektromiografi (EMG), elektrikardiografi (ECG), elektroensefalografi (EEG), task performance, analisis gerakan, dan lain-lain).