Partisipasi Puslit Telimek LIPI dalam Gelaran Pameran PIRN XVII tahun 2018

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan acara Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVII Tahun 2018 yang dilaksanakan di SMKN 3 Purbalingga, Jawa Tengah, pada 8-15 Juli 2018. PIRN merupakan kegiatan pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan secara nasional. Selain itu tujuan lain PIRN yaitu memberikan pemahaman dasar mengenai metodologi penelitian ilmiah serta etika penelitian. PIRN diikuti oleh peserta SMP, MTs, SMA, SMK dan MA sederajat dari seluruh Indonesia. Dalam rangkaian acara PIRN XVII ini dilaksanakan juga Science Shows, Pameran Sains dan Inspiring Dialog yang menghadirkan tokoh peneliti LIPI yang berasal dari Kabupaten Purbalingga dan  tokoh peneliti muda LIPI.

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Telimek LIPI) ikut berpartisipasi dalam gelaran pameran Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVII Tahun 2018. Pameran ini merupakan salahsatu upaya LIPI dalam memperkenalkan hasil-hasil penelitiannya kepada seluruh peserta dan para stakeholder yang mengikuti acara PIRN XVII Tahun 2018.

Dalam pameran PIRN tahun 2018 ini, Puslit Telimek menampilkan Teknologi Pengolahan Biogas menjadi sumber energi pembangkit listrik atau lebih dikenal sebagai Biotrik. Biotrik merupakan salah satu kegiatan pada kelompok penelitian Konversi dan Konservasi Energi Puslit Telimek. Pemanfaatan biogas menjadi sumber energi listrik memang bukan hal yang baru, namun Biotrik mampu menarik minat pengunjung, khususnya para peserta PIRN untuk bertanya mengenai teknologi Biotrik ini. Saat ini Puslit Telimek telah berhasil memanfaatkan biogas menjadi sumber energi untuk pembangkit listrik dengan kapasitas 5 – 10 kW. Selain Biotrik, Puslit Telimek juga membawa hasil penelitian lain yaitu teknologi kendaraan listrik dan hybrid berupa Banner dan Flyer. (rif/php)