Puslit Telimek Boyong Motor Hidrogen dan Smart Micro Grid dalam Indonesia Science Expo (ISE) 2017

Jakarta. Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik ikut berpartisipasi dalam perhelatan Indonesia Science Expo (ISE) 2017 yang dilaksanakan di Balai Kartini – Jakarta. Indonesia Science Expo (ISE) 2017 merupakan perhelatan pameran sains terbesar yang pernah dilaksanakan di Indonesia. ISE 2017 digelar dari tanggal 23 hingga tanggal 26 Oktober 2017, di Balai Kartini Jakarta. Sebelumnya pada tahun 2015 telah digelar perhelatan ISE untuk pertama kalinya dan ISE tahun ini merupakan perhelatan kedua.

Pembukaan Indonesia Science Expo (ISE) 2017 dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Dalam kesempatan itu Puan Maharani mengatakan dana riset mengalami kenaikan meskipun sangat sedikit. Tahun 2015 dana riset 0,08 dari produk domestik bruto (PDB)  2016 sebesar 0,20 dari PDB, dan tahun 2017 sebesar 0,25 dari PDB. Turut hadir dalam pembukaan ISE 2017 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto, serta para Pejabat eselon I dan II di lingkungan LIPI.

Terdapat ratusan hasil riset para peneliti Indonesia serta kegiatan menarik lain dalam ajang pameran ini. Hasil riset tersebut merupakan hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga, perguruan tinggi dan tentunya LIPI. Selain pameran, terdapat beragam kegiatan antara lain Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop, talkshow, Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, pameran industri, pameran perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan, serta konferensi ilmiah.

Dalam kesempatan ini Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) menampilkan hasil penelitian dalam bidang ketahanan energi diantaranya yaitu Hydrogen Internal Combustion Engine Vehicle (HICEV) dan Smart Micro Grid (SMG) untuk Elektrifikasi Daerah Terpencil (Remote Area).  Hydrogen Internal Combustion Engine Vehicle (HICEV) merupakan konversi kendaraan roda dua/skuter dari kendaraan berbahan bakar minyak bumi/bensin menjadi kendaraan berbahan bakar hidrogen. Skuter yang ditampilkan tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak bumi/bensin untuk sumber energi nya, namun berganti menjadi hidrogen sebagai bahan bakarnya. Hidrogen yang dipergunakan skuter tersebut adalah Bio Hidrogen yang dihasilkan dari mikroalgae. Skuter hidrogen itu merupakan hasil kerja sama dua Pusat Penelitian di LIPI, yaitu Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek) dan Pusat Penelitian Bioteknologi. Selain kedua Pusat Penelitian di LIPI, proyek penelitian ini melibatkan pihak lain yaitu Feng Chia University, Taiwan. Selain skuter hidrogen, Puslit Telimek juga menampilkan hasil penelitian di bidang energi, khususnya listrik yaitu Smart Micro Grid (SMG) untuk Elektrifikasi Daerah Terpencil (Remote Area). SMG merupakan intelligent inverter yang dapat mengkonversi sumber energi yang memiliki arus searah/DC yang berasal dari Pembangkit listrik tenaga surya, air, angin, biogas. Kelebihan pasokan energi ketika beban ringan akan disimpan dalam baterai dan dapat dipergunakan pada saat beban puncak  atau peak load. SMG secara otomatis mengatur kinerja sumber listrik berdasar pada daya yang dibutuhkan saat itu.

Selain pameran, perhelatan ISE 2017 juga dimeriahkan dengan kegiatan antara lain Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop,talkshow, Youth Science Fair 2017, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, pameran industri, pameran perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan, serta konferensi ilmiah. (rif/php)