P2 Telimek LIPI Gelar ICSEEA 2018

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek) LIPI kembali menggelar International Conference on Sustainable Energy Engineering and Application (ICSEEA) 2018 pada Kamis-Jumat, 1-2 November 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Serpong, Tangerang – Banten.

ICSEEA merupakan konferensi internasional tentang rekayasa dan aplikasi energi terbarukan. ICSEEA 2018 digelar bersamaan dengan perhelatan Indonesia Sciences Expo (ISE) LIPI yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Serpong, Tangerang – Banten. Gelaran ICSEEA 2018 merupakan kali ke 6 setelah sebelumnya digelar ICSEEA ke 5 di Balai Kartini, Jakarta tahun 2017.

Kepala P2 Telimek Dr. Eng. Budi Prawara membuka konferensi secara resmi. Dalam kesempatan tersebut Budi sampaikan harapan ICSEEA menjadi tempat bertemunya para akademisi, para ahli dari berbagai pusat riset serta para praktisi industri untuk mempresentasikan hasil penelitian di bidang rekayasa dan aplikasi energi terbarukan. Budi sampaikan juga mengenai kegiatan penelitian apa saja yang dilakukan oleh P2 Telimek dalam bidang energi terbarukan selama ini.

ICSEEA 2018 diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari berbagai negara diantaranya Jerman, Korea, Jepang, Malaysia, Saudi Arabia dan Indonesia. Dalam gelaran ICSEEA tersebut terdapat kuliah umum dari pembicara utama diantaranya dari Prof. Dr. Estiko Rijanto, professor riset bidang kontrol dari P2 Telimek LIPI, Makoto Fujita, ahli bidang manajemen energi, Murata Manufacturing, Co. Ltd., Jepang dan yang terakhir adalah Dr. Jong-Yeon Kim Chief Executive Officer,TAOS, Co.Ltd, Republik Korea. (rif/php)