MoroLIPI V.2 Tampil Dalam Darul Hikam International School Science Fair 2016

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bandung – Darul Hikam International School (DHIS) melaksanakan “Science Fair 2016 pada hari Rabu, 4 Mei 2016 di Kampus Darul Hikam International School (DHIS) Jalan Ir. H. Juanda, Dago – Bandung. Ajang DHIS Science Fair 2016 ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan sains sejak dini kepada anak-anak didik. Wakil Kepala DHIS, Fadli Farhurrahman menyampaikan bahwa Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan pada tahun ini menginjak kali keempat. Dalam acara tersebut ditampilkan juga hasil karya siswa dan beberapa kegiatan lainnya seperti paper craft competition, science experiment competition, science exhibition, dan portable planetarium.

 

Selain stand hasil karya sains dari para siswa, DHIS juga mengundang beberapa perusahaan dan lembaga untukberpartisipasi dalam Science Fair 2016 tersebut. Darul Hikam International School (DHIS) mengundang 3 satuan kerja pada kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk ikut berpartisipasi dalam ¬†“Science Fair 2016” ini diantaranya Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI, Puslit Informatika, serta Puslit Elektronika dan Telekomunikasi. Puslit Telimek menampilkan materi prototipe MoroLIPI versi 2 beserta multimedia dan banner. “Materi MoroLIPI dipilih karena dunia robotik akan menarik perhatian publik baik itu dewasa maupun anak-anak” ujar Nur Rohmah, MT. Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek.

 

Besarnya antusias pengunjung terhadap materi yang ditampilkan di stand LIPI terlihat dari banyaknya siswa ataupun guru bahkan masyarakat umum yang datang berkunjung dan mengajukan  pertanyaan seputar teknologi yang dimiliki MoroLIPI versi 2 ini. Selain ikut serta mengisi stand pameran, LIPI juga diundang untuk berpartisipasi dalam bentuk presentasi di atas podium yang disediakan panitia dengan materi MoroLIPI versi 2. Presentasi MoroLIPI versi 2 dibawakan oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek. Arief menyampaikan sejarah mengenai perkembangan dan komponen apa saja yang ada dalam MoroLIPI versi 2 dalam penelitian robotik di Puslit Telimek. Selain itu dijelaskan juga beberapa bagian yang dimiliki oleh MoroLIPI serta fungsi dan kegunaannya. Presentasi tidak hanya diisi dengan paparan namun dilakukan juga demonstrasi manuver robot serta quiz dengan doorprize menarik bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan. (rif/php)