Kunjungan SMK Kesatrian – Purwokerto ke Puslit Telimek LIPI

Bandung – Penghujung bulan April tahun 2016, tepatnya tanggal 28 April 2016 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesatrian, Purwokerto – Jawa Tengah mengunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (PUSLIT Telimek) LIPI. Kunjungan ilmiah ini merupakan kali pertama bagi SMK Kesatrian Purwokerto ke Puslit Telimek dan diterima secara resmi oleh Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) Puslit Telimek di Ruang Seminar Kampus LIPI Bandung, Gd. 10 Lt. 3. Turut hadir dalam acara ini Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Ir. Tri Admono, MT., dan Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT.

 

Sambutan selamat datang serta ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Ir. Tri Admono, MT., atas kepercayaan SMK Kesatrian kepada Puslit Telimek untuk dijadikan rujukan dalam kunjungan lapangan para siswa siswinya. Pemaparan secara singkat mengenai Puslit Telimek serta prioritas penelitian apa saja yang dilakukan oleh Puslit Telimek pada saat ini juga disampaikan oleh Tri. Begitu juga informasi mengenai pelayanan publik yang dimiliki Puslit Telimek salahsatunya mengenai kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa-siswi tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Sapto yang mewakili SMK Kesatrian – Purwokerto memberikan sambutan dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf terkait keterlambatan kunjungan karena padatnya arus lalu lintas. Sapto juga menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan Puslit Telimek serta apresiasi terkait tawaran PKL bagi para siswa-siswi dan sangat mengharapkan adanya kelanjutan kegiatan serupa, yaitu kegiatan Kunjungan Ilmiah seperti ini yang dapat dilaksanakan di waktu-waktu mendatang.

 

Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT., memberikan pemaparan mengenai profil Puslit Telimek LIPIuntuk melengkapi informasi yang disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI sebelumnya. Adapun Tim PDHP Humas Puslit Telimek memberikan pemaparan mengenai berbagai hasil penelitian dari Puslit Telimek LIPI diantaranya yaitu mengenai Biogas untuk Pembangkit Listrik, Generator Magnet Permanen, serta Robot untuk Pertahanan dan Keamanan.

 

Pemaparan hasil penelitian dimulai dengan Pemanfaatan Limbah Organik sebagai bahan baku Biogas untuk Pembangkit Listrik, oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek LIPI. Arief menyampaikan bagaimana pengelolaan limbah organik khususnya kotoran hewan dalam hal ini sapi. Hasil riset dari berbagai ahli menyatakan bahwa kotoran sapi merupakan produsen utama gas CH4 atau lebih dikenal dengan istilah Metana, sementara Metana sendiri merupakan penyumbang terbesar gas rumah kaca, 23 kali lebih berbahaya dari gas karbondioksida. Selain itu Arief menyampaikan pentingnya hemat energi, karena ketergantungan manusia terhadap minyak bumi dapat mengakibatkan semakin cepat terjadinya krisis energi, khususnya minyak bumi. Pemaparan kedua mengenai Generator Magnet Permanen disampaikan oleh Ant. Ardath Kristi, A.Md., Litkayasa Pelaksana Lanjutan Puslit Telimek LIPI. Ardath menyampaikan inti dari kegiatan penelitian mengenai generator magnet permanen yang dilakukan oleh Kelompok Penelitian Elektronika Daya dan Mesin Listrik (Elda) Puslit Telimek. Dilanjutkan pemaparan untuk tugas pokok dari Kelompok Penelitian Elda Puslit Telimek yang diantaranya adalah melakukan penelitian mengenai generator pembangkit listrik serta mesin listrik untuk kendaraan listrik. Presentasi terakhir mengenai Robot untuk Pertahanan dan Keamanan oleh Mustari Tisna A, A.Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI. Mustari menyampaikan sejarah MoroLIPI dan dilengkapi dengan video mengenai demo kemampuan dan keunggulan robot tersebut. Pada pemaparannya Mustari lebih banyak menggunakan bentuk Audio – Visual dengan harapan para peserta lebih tertarik untuk menyimak apa yang dimaksud dengan MoroLIPI.

 

Sesi terakhir adalah kunjungan lapangan ke workshop dan laboratorium yang ada di Puslit Telimek. Kunjungan lapangan dari SMK Kesatrian – Purwokerto ini diantaranya ke Workshop dan Laboratorium Robotika, Workshop dan Laboratorium Biogas untuk Pembangkit Listrik, Workshop Sarana Permesinan, serta Workshop dan Laboratorium Mobil Listrik. Para siswa-siswi memiliki antusiasme besar dalam kunjungan lapangan ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul ketika melihat secara langsung prototipe hasil penelitian dari Puslit Telimek.  (rif/php)