Kunjungan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Lampung ke Puslit Telimek LIPI

Bandung – Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Lampung bersikukuh untuk tetap melangsungkan kunjungan ilmiah ke Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI walaupun terdapat agenda lain pada hari yang sama. Tepatnya hari Senin, tanggal 2 Mei 2016 bertepatan dengan digelarnya acara Kunjungan Kerja Kepala LIPI ke Kampus LIPI Bandung, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Lampung melaksanakan kunjungan ilmiah ke Puslit Telimek. Kunjungan diterima secara resmi oleh Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) Puslit Telimek LIPI di Ruang Rapat Puslit Telimek LIPI, Gd. 20 Lt. 2.

 

Jumlah peserta yang mencapai 40 orang serta terbatasnya ruang rapat, mengakibatkan sebagian mahasiswa tidak dapat mengikuti acara penerimaan serta pemaparan mengenai kelembagaan dan hasil penelitian diruangan yang tersedia. Penerimaan kunjungan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan dari dari Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek, Nur Rohmah MT. Dalam sambutannya Nur menyampaikan ucapan selamat datang serta permohonan maaf terkait tempat penerimaan kunjungan karena ruang rapat yang rutin digunakan untuk menerima kunjungan mahasiswa sedang digunakan untuk acara lain pada waktu yang sama, sehingga penerimaan kunjungan dilaksanakan di ruang rapat Puslit Telimek. Nur juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan para mahasiswa serta dosen pendamping untuk tetap melaksanakan kunjungan walaupun bersamaan dengan acara lain. Pada kesempatan ini Nur menyampaikan gambaran besar mengenai Puslit Telimek serta tugas pokok yang diemban dan juga informasi mengenai layanan apa saja yang dimiliki Puslit Telimek. Salah satu layanan publik yang dimiliki Puslit Telimek adalah penerimaan pembimbingan skripsi atau thesis bagi para mahasiswa-mahasiswi.

 

Sambutan dari Universitas Lampung disampaikan oleh Bapak Zulhendri yang menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Puslit Telimek dan memaklumi situasi dan kondisi saat ini, walaupun tempat penerimaan kunjungan terbatas yang paling penting mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan informasi untuk menambah ilmu pengetahuan. Zulhendri pun menyampaikan bahwa Universitas Lampung rutin mengadakan kunjungan ilmiahnya ke Puslit Telimek karena bagi pihak Universitas Puslit Telimek merupakan rujukan untuk kuliah lapangan, khususnya bagi Jurusan Teknik Mesin sehingga Zulhendri mengharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang.

 

Dalam kunjungan ilmiah ini, para mahasiswa-mahasiswi diberikan pemaparan secara singkat mengenai hasil penelitian Puslit Telimek diantaranya yaitu mengenai generator magnet permanen, biogas pembangkit listrik, serta robot untuk pertahanan dan keamanan. Pemaparan generator magnet permanen merupakan pemaparan pertama yang disampaikan oleh Ant. Ardath Kristi, A.Md., Litkayasa Pelaksana Lanjutan Puslit Telimek LIPI. Ardath menyampaikan bahwa salah satu kegiatan penelitian Kelompok Penelitian Elektronika Daya dan Mesin Listrik (Elda) Puslit Telimek adalah generator magnet permanen serta mesin listrik. Disampaikan juga bahwa generator merupakan inti dari pembangkit listrik dengan kata lain generator merupakan jantungnya pembangkit listrik. Generator Magnet Permanen merupakan generator jenis yang dipergunakan dalam Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) serta Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Angin.

 

Pemaparan hasil penelitian berikutnya mengenai pemanfaatan limbah organik sebagai bahan baku biogas disampaikan oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek LIPI. Saat ini perkembangan biogas bukan hanya dipergunakan sebagai bahan bakar untuk kebutuhan memasak saja, namun dipergunakan juga sebagai bahan bakar generator listrik, demikian dipaparkan oleh Arief. Hal ini telah berhasil dikembangkan oleh Puslit Telimek yaitu generator dengan bahan bakar biogas yang saat ini terpasang di Pondok Pesantren Baiturrahman, Ciparay РBandung. Selain itu Arief menekankan perihal pentingnya hemat energi, karena manusia sangat bergantung pada minyak bumi sehingga cepat atau lambat ketergantungan tersebut akan mengakibatkan semakin cepat terjadinya krisis minyak bumi. Energi alternatif yang merupakan pilihan sumber energi, tentunya dapat dijadikan pilihan utama ketika energi minyak bumi semakin menipis dan dapat diaplikasikan mulai dari sekarang untuk mengurangi bahaya gas methan dan ketergantungan minyak bumi. Presentasi terakhir mengenai Robot untuk Pertahanan dan Keamanan oleh Mustari Tisna A, A.Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI.  Membahas tentang sejarah MoroLIPI dan menampilkan video demo kemampuan dan keunggulan MoroLIPI tersebut. Sesi terakhir dari kunjungan ilmiah ini adalah kunjungan lapangan ke workshop dan laboratorium Robotika, Workshop dan Laboratorium Biogas untuk Pembangkit Listrik, serta Workshop dan Laboratorium Mobil Listrik. (rif/php)