Kunjungan Ilmiah Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro Lampung Ke Puslit Telimek LIPI

05 Fakultas Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro Lampung (2)

Bandung – Sebanyak 49 Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro Lampung didampingi oleh 3 dosen pendamping mengunjungi Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Puslit Telimek) LIPI. Kunjungan ilmiah diterima secara resmi oleh tim PDHP Puslit Telimek pada hari Senin, 6 Februari 2017 pukul 09.25 WIB di ruang seminar Kampus LIPI Bandung, Gedung 10 Lantai 3. Kunjungan mengalami keterlambatan dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya pada pukul 09.00 WIB. Dalam kesempatan kunjungan ini, pihak Universitas Muhammadiyah Metro Lampung memilih Puslit Telimek LIPI sebagai rujukan karena keberhasilan Puslit Telimek LIPI dalam mengembangkan teknologi pembangkit listrik, mekatronik serta kendaraan listrik telah dikenal berbagai kalangan. Hadir dalam kunjungan ilmiah ini beberapa pejabat di lingkungan Puslit Telimek LIPI diantaranya Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Ir. Tri Admono, MT., Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT. Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Telimek LIPI, Ir. Tri Admono, MT., menyampaikan ucapan selamat datang di Puslit Telimek LIPI Bandung. Tri memberikan sedikit gambaran mengenai LIPI serta Puslit Telimek. Dalam kunjungan ini Tri menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Universitas Muhammadiyah Metro – Lampung atas kepercayaannya untuk menjadikan Puslit Telimek sebagai tujuan kunjungan lapangan para mahasiswanya. Tri mengingatkan para mahasiswa untuk senantiasa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebesarnya-besarnya dengan banyak mengajukan pertanyaan baik ke Pranata Humas atau ke peneliti langsung.

 

Dosen pendamping dari Universitas Muhammadiyah Metro – Lampung yang diwakili oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro – Lampung Bapak Dwi Irawan menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Tim PDHP Puslit Telimek atas sambutan dalam kunjungan ilmiah ini. Dwi menyampaikan perihal penelusuran informasi mengenai Puslit Telimek, dalam pencarian informasi melalui dunia maya Dwi mendapatkan banyak informasi mengenai Puslit Telimek dari situs yang dimiliki oleh Puslit Telimek. Dalam situs tersebut Dwi membaca berbagai berita kunjungan ilmiah ke Puslit Telimek sehingga diputuskan untuk melaksanakan kunjungan ilmiah ke Puslit Telimek. Dwi menambahkan bahwa sebelumnya pihak universitas khususnya jurusan teknik mengetahui informasi Puslit Telimek dari pemberitaan media massa mengenai hasil penelitian Puslit Telimek, khususnya mobil listrik.

 

Dalam kunjungan ilmiah ini juga disampaikan presentasi mengenai profil LIPI dan Puslit Telimek oleh Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT. Selain profil, disampaikan juga presentasi mengenai hasil penelitian Puslit Telimek diantaranya mengenai Perkembangan Teknologi Robot untuk Pertahanan dan Keamanan serta Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Bahan Baku Biogas untuk Pembangkit Listrik. Selain itu disampaikan juga presentasi mengenai profil Puslit Geoteknologi LIPI yang disampaikan oleh Bapak Sitorus, Pranata Humas Puslit Geoteknologi LIPI.

 

Presentasi pertama mengenai pemanfaatan limbah organik sebagai bahan baku Biogas untuk Pembangkit Listrik, oleh Arief Asrizal F, S.I.Kom., Pranata Humas Pertama Puslit Telimek LIPI. Arief menyampaikan pentingnya energi dalam kehidupan manusia. Tanpa keberadaan energi, aktifitas manusia di dunia akan terhambat karena energi berada pada setiap sendi kehidupan manusia. Energi yang paling populer dalam beberapa dekade adalah minyak bumi atau lebih dikenal sebagai energi fosil. Energi fosil merupakan sumber energi yang tidak bisa didaur ulang, bahkan bersifat habis pakai. Arief mengingatkan betapa pentingnya penghematan energi, karena saat manausia sangat bergantung pada energi fosil. Arief Menambahkan bahwa dengan besarnya penggunaan energi fosil selain dapat mengakibatkan terjadinya krisis energi, tentunya akan memperburuk kondisi alam dengan meningkatnya polusi yang diakibatkan dari penggunaan minyak bumi. Arief menyampaikan bahwa dengan mengurangi penggunaan energi fosil tersebut perlu didampingi dengan penggunaan sumber energi lain contohnya energi biomassa. Pemanfaatan energi biomassa salahsatunya dengan memanfaatkan limbah organik sebagai bahan baku biogas. Sumber limbah organik yang paling banyak dipergunakan adalah kotoran hewan atau bahkan kotoran manusia. Saat ini Puslit Telimek telah berhasil memanfaatkan biogas menjadi bahan bakar utama untuk mengoperasikan generator (Genset) yang diaplikasikan di Pesantren Baitturahman, Ciparay – Bandung hasil kerjasama antara LIPI, WAITRO dan ISESCO.

 

Presentasi kedua mengenai Robot untuk Pertahanan dan Keamanan oleh Mustari Tisna A., A. Md., Pranata Humas Penyelia Puslit Telimek LIPI. Mustari menggunakan Audio – Visual dalam presentasinya. Mustari menyampaikan sejarah mengenai teknologi robotik LIPI. Dalam pertemuan ilmiah ini juga dilakukan tanya jawab sebelum sesi kunjungan lapangan. Presentasi terakhir yaitu mengenai profil Puslit Geoteknologi LIPI yang disampaikan oleh Sitorus, Pranata Humas Puslit Geoteknologi LIPI. Sitorus menyampaikan gambaran umum mengenai Puslit Geoteknologi LIPI, apa saja tugas dan fungsi Puslit untuk mendukung program kerja LIPI.

 

Kunjungan lapangan untuk kunjungan ilmiah ini difokuskan pada laboratorium dan workshop yang berkaitan dengan peminatan mahasiswa. Berdasar hasil wawancara disepakati untuk mengunjungi Laboratorium MoroLIPI, workshop permesinan, Laboratorium Motor bakar serta Laboratorium Mobil Listrik. Antusias mahasiswa semakin besar ketika mengunjungi Laboratorium MoroLIPI dimana para mahasiswa dapat melihat secara langsung prototipe MoroLIPI 1 hingga 3 dan dapat melakukan tanya jawab langsung dengan para peneliti secara langsung. Laboratorium yang menjadi favorit bagi para mahasiwa dan dosen adalah Laboratorium motor bakar. Mahasiswa serta para dosen mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada operator Laboratorium mengenai kegiatan serta alat-alat teknik yang dimiliki laboratorium ini, hal ini dikarenakan beberapa alat teknik yang khusus dimiliki Laboratorium ini. Kunjungan lapangan terakhir yaitu Laboratorium mobil listrik. Ketertarikan mahasiswa mengenai mobil listrik tidak kalah dengan laboratorium lainnya, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan terkait teknik konversi mesin konvensional ke mesin listrik. Selama berada di laboratorium mobil listrik para mahasiswa juga dijelaskan mengenai sistem pengaturan energi yang tersimpan dalam baterai atau dikenal dengan Battery Management System (BMS). (rif/php)