Kunjungan Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret – Surakarta Ke P2 Telimek LIPI

Pusat Penelitian Tenaga Listrik Dan Mekatronik (P2 Telimek – LIPI) menerima kunjungan dari Dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) – Surakarta. Kunjungan diterima secara resmi oleh Kepala P2 Telimek, Dr. Eng. Budi Prawara, didampingi oleh Kepala Bidang PDHP dan Plt. DKS P2 Telimek-LIPI, serta beberapa peneliti P2 Telimek-LIPI. Kunjungan diterima P2 Telimek pada hari Jumat, 31 Agustus 2018 di ruang rapat P2 Telimek, Gd. 20 Lantai 2, Kampus LIPI Bandung.

Maksud dan tujuan kunjungan ini terkait dengan pengembangan kurikulum program studi Teknik Elektro UNS. Saat ini Teknik elektro UNS memiliki empat (4) bidang peminatan/bidang studi/konsentrasi diantaranya yaitu : Sistem Energi Listrik (SEL), Sistem Isyarat Elektronik (SIE), Sistem Mekatronika (SM) dan Sistem Informatika (SKI). Empat bidang studi tersebut saat ini telah berjalan dan UNS merasa perlu untuk melakukan studi banding dengan lembaga yang memiliki kompetensi diempat bidang tersebut, salah satunya dengan P2 Telimek yang memiliki kompetensi dibidang mekatronika dan sistem energi listrik.

Kepala P2 Telimek-LIPI, Dr. Eng. Budi Prawara sangat mengapresiasi kunjungan tersebut, Budi menyampaikan bahwa P2 Telimek siap membantu pihak lain selama masih memiliki keterkaitan dengan bidang yang dikuasai oleh P2 Telimek. Untuk pengembangan kurikulum Teknik Elektro UNS khususnya Sistem Energi Listrik (SEL) dan Sistem Mekatronik (SM), dapat berkolaborasi dengan Kelompok Penelitian (Keltian) yang ada di P2 Telimek-LIPI, khususnya Keltian Elektronika Daya dan Keltian Mekatronik.

Kunjungan diakhiri dengan visitasi ke Laboratorium dan Workshop Elektronika Daya untuk melihat secara langsung perkembangan teknologi Energy Management System (EMS) serta ke Laboratorium dan Workshop Mobil Listrik yang dimiliki oleh P2 Telimek-LIPI. (rif/php)