Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) Mengadakan In House Training Paten

Bandung. Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI mengadakan acara In House Training Penulisan Paten pada Hari Rabu – Kamis, tanggal 15 – 16 November 2017 di ruang rapat Pusat Penelitian Informatika LIPI. Acara ini diinisiasi oleh Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI dan dilaksanakan oleh satuan kerja di bawahnya. Khusus untuk wilayah Bandung dan Subang dilaksanakan di Pusat Penelitian Informatika LIPI. In House Training Penulisan Paten ini diikuti oleh 3 satuan kerja di bawah Kedeputian Bidang IPT LIPI diantaranya adalah Puslit Telimek, Puslit Informatika dan Loka Penelitian Teknologi Bersih. Acara ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaring kandidat-kandidat draft paten yang sudah siap untuk didaftarkan.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian Informatika LIPI, Indra Sakti, MT., Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Telimek LIPI, Nur Rohmah, MT., serta tim narasumber dari Pusat Inovasi LIPI. Àcara dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian Informatika LIPI, Indra Sakti, MT., pada pukul 9.05 WIB. Dalam kesempatan ini Indra menyampaikan pentingnya acara In House Training Paten ini karena akan menjaring berbagai kandidat paten yang ada di lingkungan kedeputian IPT untuk didaftarkan menjadi paten. Dalam kesempatan acara ini para kandidat yang memiliki draft paten dapat berkonsultasi secara langsung kepada para pembimbing dari Pusat Inovasi. Indra juga menyampaikan bahwa salah satu keluaran satuan kerja adalah hasil penelitian diantaranya adalah capaian paten yang dihasilkan para peneliti.

Selain sambutan dari Kepala Bidang Pengelolaan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian Informatika LIPI, sebelum acara dimulai salahsatu pembimbing dari Pusat Inovasi, Ir. Dodong Sofjan Sachmid menyampaikan bahwa acara inti dari pelaksanaan In House Training Paten ini adalah menjaring draft paten yang sudah siap untuk didaftarkan ke Dirjen Haki oleh Pusat Inovasi. Draft Paten tersebut pada dasarnya hanya memerlukan sedikit perbaikan. Acara In House Training Paten ini dilaksanakan selama dua hari, dan selama dua hari tersebut para peneliti yang memiliki draft paten dibimbing secara intensif agar draft paten tersebut layak dan dapat segera diajukan ke Dirjen Haki melalui Pusinov LIPI.

Acara In House Training Paten selama dua hari tersebut menghasilkan 8 buah draft paten yang siap didaftarkan ke Dirjen Haki diantaranya yaitu Puslit Telimek menghasilkan 4 buah draft paten, Puslit Informatika menghasilkan 3 buah draft paten dan Loka Penelitian Teknologi Bersih menghasilkan 1 buah draft paten. Draft paten yang sudah dinyatakan layak untuk daftar, diharapkan segera mengirimkan permohonan pengajuan paten melalui Pusinov LIPI agar draft paten tersebut dapat segera didaftarkan ke Dirjen Haki. (rif/php)